ULASAN 2

Ulasan ini merupakan ulasan kedua di blog saya. Kali ini saya akan mengulas video tentang reader writer. Video berdurasi 16 menit 19 detik ini dapat dilihat di akun youtube KNOWLEDGE GATE dengan judul Reader Writer Problem | Semaphores (Operating System) part - 14. Untuk memudahkan akses ke video tersebut, berikut adalah linknya  https://youtu.be/kn2Okc2cAaQ .

Masalah reader-writer adalah contoh masalah komputasi umum dalam konkurensi. Ada shared resource yang harus diakses oleh banyak proses. Ada dua jenis proses dalam konteks ini. Mereka adalah reader dan writer. Sejumlah reader dapat membaca dari shared resource secara bersamaan, namun hanya satu writer yang dapat menulis ke shared resource. Bila writer sedang menulis data ke resource, tidak ada proses lain yang bisa mengakses resource-nya. Seorang writer tidak dapat menulis ke resource-nya jika ada sejumlah reader yang tidak mengakses resource.

Dari uraian di atas, terbukti bahwa reader memiliki prioritas lebih tinggi daripada writer. Jika seorang writer ingin menulis ke resource-nya, jika tidak ada reader yang mengakses sumber itu. Di sini, kita menggunakan satu mutex dan semaphore . Variabel bilangan bulat read_count digunakan untuk mempertahankan jumlah pembaca yang saat ini mengakses sumber daya. Variabel read_count diinisialisasi ke 0. Nilai 1 diberikan pada awalnya ke m dan w. Alih-alih memiliki proses untuk mendapatkan kunci pada shared resource, kita menggunakan mutex untuk membuat proses untuk memperoleh dan melepaskan kunci setiap kali memperbarui variabel read_count.

Menurut saya video ini menguraikan masalah reader-writer dengan jelas. Pada video ini juga dijelaskan bagaimana kodenya tersebut berjalan tahap demi tahap, sehingga penonton menjadi lebih paham materi tersebut. Video ini sangat recommended untuk ditonton.

Github account : ardianjatip
URL ULASAN 1 : http://ardianjati.blogspot.com/2017/05/ulasan-2.html
URL Youtube: https://youtu.be/kn2Okc2cAaQ (16:19)
Pemetaan konten pada materi week07
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 20-05-2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 20-05-2017

Comments

Popular posts from this blog

ULASAN 1

RANKING04